Motivator Wanita Terbaik Indonesia Ainy Fauziyahhttp://www.cnnindonesia.com/hiburan/20150117134504-241-25321/memelajari-inti-utama-rahasia-menembus-kesulitan/. Jakarta, CNN Indonesia — Setiap orang pasti pernah menghadapi segala macam kesulitan. Namun, hanya sedikit orang-orang yang bisa sukses mengatasi kesulitan tersebut. Padahal, sebenarnya hal itu juga tak akan melegakan hati apalagi menyelesaikan masalah.

“Ketika kesulitan datang menghadangku, kupandang ia sambil tersenyum. Lalu kukatakan kepadanya, Aku tak gentar menghadapimu. Karena… Impianku jauh lebih besar darimu.”

Kalimat pembuka dalam buku motivasi Rahasia Menembus Kesulitan dari motivator dan leadership coach, Ainy Fauziyah nampaknya menjadi sebuah pendorong “kebangkitan” dari kesulitan yang benar, impian jauh lebih besar dari kesulitan. Lagipula, Anda bukanlah satu-satunya orang di dunia yang pernah mengalami kesulitan.

Seperti nama bukunya, Rahasia Menembus Kesulitan, Ainy mencoba untuk memotivasi semua orang yang sedang dalam pergulatannya untuk mengatasi masalah hidup. Gaya penulisan yang tak terkesan menggurui, dan ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami menjadi nilai lebih dari buku ini.

Ucapan Ainy ini tak sekadar motivasi belaka. Di dalam bukunya, Ainy memberikan beberapa contoh orang dengan masalah mereka masing-masing. Pekerja kantoran, ibu rumah tangga, anak muda, bahkan sampai motivator sekelas Ainy pun pernah mengalami kesulitan. Semua masalah dan kesulitan manusia yang ditulisnya dalam buku ini terasa sangat dekat kehidupan sehari-hari.

Ya, nilai lebih lagi untuk buku ini, perempuan kelahiran Bangil, Jawa Timur ini mengumpulkan data dan melakukan wawancara khusus dengan orang-orang yang nama dan kisahnya tertulis dalam buku. Masalah dalam buku ini adalah masalah nyata yang kerap dialami.

“Kesulitan membuat saya berani mencari cara untuk menembusnya. Dari berani membayangkan, mempraktikkan hingga berani bertindak nyata. Dan dari tidak bisa menjadi belajar bisa,” tulis Ainy.

Dalam setiap kisah kesulitan inspiratif di bukunya, Ainy seperti menitipkan pesan berharga secara tersirat kepada pembaca tentang langkah untuk mengatasi masalah. Dalam salah satu kisahnya tentang harapan, Ainy menceritakan seorang temannya, Wawa yang mengalami kesulitan beruntun. Dalam salah satu kalimatnya, ia menuliskan sebuah paragraf tentang cara mengatasi masalah Wawa. “Alhamdullilah. Di akhir pembicaraan kami waktu itu, Wawa berjanji untuk mengubah cara pandangnya menjadi lebih positif. Ia berusaha untuk menerima ketidakberhasilannya itu sebagai dorongan dirinya untuk terus berusaha, tanpa kenal lelah.”

Ia memang tak ingin menggurui, namun ia justru ingin mengatakan kepada banyak orang bahwa kesulitan itu bukanlah sebuah penderitaan dan sebuah proses pembelajaran diri. Buku ini seolah ingin menyadarkan pembaca bahwa diri sendirilah yang bisa menetapkan pilihan, ingin tetap berselimut kesulitan atau berusaha lepas darinya.

Buku setebal 237 halaman ini memuat enam bab utama. Tak melulu berisi motivasi dan inspirasi dari kisah nyata, namun Ainy juga memberikan “panduan-panduan” untuk mampu menggali harta karun dalam diri dan berubah menjadi pribadi yang luar biasa. Setelah dikenali macam-macam harta karun dalam diri, Ainy juga memberikan langkah-langkah membangkitkan kekuatan.

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia

Topik Lain Yang diMinati