KOMPAS.com  Apakah Anda termasuk pribadi yang bisa diandalkan di tim kerja? Apakah Anda mempunyai rasa memiliki terhadap tim dan perusahaan? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu mengukur sejauhmana rasa tanggung jawab dalam diri Anda. Tanggung jawab bisa muncul juga diupayakan oleh pribadi dari dalam dirinya, juga perlu didorong oleh pihak luar, dalam hal ini atasan yang punya peran besar menumbuhkan sikap bertanggung jawab dalam diri anggota tim kerja.

Leadership Coach dan Motivator, Ainy Fauziyah mengatakan tanggung jawab penting dimiliki setiap pribadi sebagai bagian dari tim kerja dan perusahaan tempatnya bekerja. Sebuah tanggung jawab membangkitkan rasa memiliki. Setiap karyawan yang mempunyai rasa tanggung jawab di dalam dirinya ada rasa memiliki terhadap sebuah pekerjaan, terhadap tim kerjanya dan terhadap perusahaan di mana ia berada.

“Rasa tanggung-jawab ini ibarat virus yang cepat sekali menyebar. Itulah sebabnya, orang yang pertama kali harus memiliki rasa tanggung-jawab itu adalah atasan,” jelasnya kepada Kompas Female.

Baca juga : Intimate Interview – Ainy Fauziyah Jadi Motivator Setelah Sukses Gerakkan Wanita Aceh untuk Mandiri

Menurutnya, atasan itu ibarat sebuah cermin. Ketika atasan menunjukkan tanggung jawab, tanpa disadari, ia telah mengajak anggota timnya untuk bertanggung jawab pula. Ainy menggambarkan bagaimana tanggung jawab menjadi virus yang bisa mewabah dengan cepat dalam kerja tim.

“Kalau atasan sudah menunjukkan tanggung jawab, dan menemukan salah satu anggota tim kurang bertanggung jawab, maka sudah seharusnyalah ia menegur orang tersebut serta menuntutnya untuk lebih bertanggung jawab sebagaimana semestinya,”jelasnya.

Tetapi, jika atasan kurang memiliki rasa tanggung jawab, maka jangan salahkan tim jika mereka juga kurang bertanggung jawab.

Saat anggota tim tak memiliki rasa tanggung jawab, mereka pun kurang mempunyai rasa memiliki. Baik terhadap pekerjaan, tim kerja, apalagi perusahaan. Jangan heran jika ada anggota tim yang tak bisa diandalkan dalam bekerja, salah satu faktornya karena virus tanggung jawab ini tidak atau belum menjangkiti mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.