KOMPAS.com – Pribadi bertanggung jawab bisa diandalkan, karena ia punya rasa memiliki terhadap pekerjaan juga perusahaan. Lantas seperti apa sebenarnya pribadi yang bertanggung jawab tersebut? Apakah cukup hanya dengan punya rasa memiliki tinggi terhadap pekerjaan, tim kerja atau perusahaan?

Leadership Coach dan Motivator, Ainy Fauziyah menyebutkan delapan ciri pribadi yang bertanggung jawab, di antaranya :

1. Melakukan apa yang ia ucapkan, bukan tidak melakukan apa yang telah ia ucapkan.

2. Komunikatif, baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan maupun klien.

3. Memiliki jiwa “melayani” dengan sepenuh hati sekaligus menghilangkan pemikiran “Siapa yang butuh, dia yang harus menghubungi saya”.

4. Menjadi pendengar yang baik termasuk hal-hal yang bersifat masukan, ide, teguran maupun sanggahan yang menunjukkan perbedaan pendapat. Bagaimanapun perbedaan pendapat itu penting, selama untuk kebaikan dalam mencapai sebuah tujuan. Bersikap atau berpikir berbeda bukan untuk saling menjatuhkan apalagi memojokkan.

Baca juga : CNN Indonesia – Mempelajari Inti Utama Rahasia Menembus Kesulitan

5. Berani meminta maaf sekaligus menanggung beban atas kesalahan yang ia lakukan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

6. Peduli pada kondisi, baik kondisi teman sekerja, anggota tim, atasan, bawahan maupun kondisi kantor.

7. Bersikap tegas. Jika posisi Anda sebagai atasan dan menemukan anak buah tidak bertanggung jawab, sudah seharusnya lah Anda menegurnya. Jika posisi Anda sebagai bawahan dan mendapatkan teman di tim kerja tidak bertanggung jawab, sudah seharusnya lah Anda berbicara langsung dengan yang bersangkutan. Tetapi jika yang bersangkutan tidak juga berubah, maka Anda harus membicarakannya kepada atasan untuk memberikan teguran.

8. Rajin memberi apresiasi. Apresiasi tidak selalu berarti bonus atau kenaikan jabatan, melainkan ucapan terima kasih secara langsung kepada yang bersangkutan di depan tim. “Apresiasi sangat penting sebagai bentuk pengakuan atas kerja keras seseorang yang positif dan bermanfaat,” ungkap pengasuh Rubrik Konsultasi Pengembangan DiriKompas Female ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.